Peran Penting NSA, Badan Keamanan Dan Informasi Texas

Peran Penting NSA, Badan Keamanan Dan Informasi Texas

Masyarakat Indonesia memungkin sudah pernah mendengar istilah NSA. Istilah itu merupakan singkatan dari National Security Agency atau yang dikenal dengan Badan Keamanan Nasional. NSA atau National Security Agency merupakan sebuah agensi kriptografi yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat. Badan keamanan nasional Ini pertama kali didirikan oleh Presiden Harry S Truman pada tanggal 4 November tahun 1952. Tugas yang dimiliki oleh NSA sendiri yaitu mengumpulkan dan menganalisis komunikasi negara lain. Selain itu NSA juga bertugas untuk melindungi informasi yang dimiliki oleh negara Amerika Serikat. National Security Agency ini juga menjalankan koordinasi, mengarahkan, serta dapat menjalankan aktivitas-aktivitas yang sangat istimewa. Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk dapat mengumpulkan berbagai informasi intelijen dari luar negeri terutama yaitu menggunakan kriptoanalisis.
Tugas yang tidak kalah penting dari NSA sendiri yaitu melindungi komunikasi pemerintahan dan juga sistem informasi yang dimiliki oleh Amerika Serikat dari berbagai macam agensi lainnya. Tentu hal ini juga melibatkan adanya kriptografi tingkat tinggi. Badan keamanan dari Amerika Serikat ini sendiri merupakan bagian dari Dephan Amerika Serikat. Dephan NSA diketuai oleh seorang direktur dari militer Amerika Serikat dengan pangkat Letnan Jenderal atau bisa juga Laksamana Madya. Sama halnya dengan badan keamanan nasional di negara lain, NSA sendiri merupakan komunitas rahasia serta kunci intelijen Amerika Serikat yang dipimpin oleh seorang direktur Intelijen Nasional.

Tugas-tugas yang biasanya dijalankan oleh NSA sendiri yaitu meliputi berbagai macam penyadapan dan pengamanan. Kegiatan-kegiatan yang meliputi penyadapan seperti contohnya yaitu telepon komunikasi, radio komunikasi, internet, dan berbagai macam komunikasi lainnya yang bisa disadap oleh National Security Agency. Sedangkan pada kegiatan pengamanan yang dilakukan oleh NSA sendiri yaitu meliputi diplomatik, komunikasi militer, dan komunikasi komunikasi lainnya yang bersifat rahasia serta sensitif dari pemerintah. Perlu Anda ketahui bahwa NSA sendiri merupakan sebuah organisasi yang memperkerjakan superkomputer terbanyak yang ada di dunia. Selain itu NSA juga memperkerjakan para ahli matematika. Karena tugas NSA sendiri juga berkaitan dengan mengumpulkan informasi termasuk informasi yang bersifat rahasia, maka badan keamanan nasional ini juga dapat terlibat dalam berbagai macam dan penelitian kriptoanalisis serta pemecahan kode dan sandi. Bahkan pendahulu NSA yaitu Venona, Purple Code, dan JN- 25 serta rekan-rekannya yang lain sudah berhasil memecahkan berbagai macam kode dan sandi yang terjadi selama Perang Dunia 2.

Badan keamanan nasional dari Amerika Serikat ini juga terlibat dalam industri keamanan komunikasi. Kegiatan tersebut seperti contohnya yaitu pembuatan perangkat lunak serta perangkat keras khusus untuk komunikasi aman, penelitian kriptografi tingkat tinggi, dan pabrik semikonduktor khusus yang berada di Fort Meade. Markas utama atau terbesar dari badan keamanan nasional Amerika ini bertempat di Fort George G. Meade, Maryland yaitu sekitar 16 km di timur laut dari kota Washington, D.C. . Selain markas utama disitu NSA juga memiliki pusat yang berada di San Antonio Texas.

Banyak yang mengatakan bahwa anggaran dana yang dikeluarkan untuk nsa cukup besar. Meskipun hal tersebut masih di tetap dirasakan oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun tetap penggunaan listrik tahunan yang dikeluarkan untuk NSA sendiri bisa melebihi 31 dollar Amerika Serikat atau setara dengan 190 miliar rupiah. Bahkan pada tahun 2006 dituliskan pada surat kabar Amerika Serikat, Baltimore mengatakan bahwa NSA sendiri memiliki resiko terlalu banyak beban listrik. Hal ini disebabkan karena kurangnya infrastruktur listrik yang ada di Fort Meade untuk menjalankan berbagai macam peralatan peralatan dari NSA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *