Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Seputar Badan Keamanan Nasional AS

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Seputar Badan Keamanan Nasional AS

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Seputar Badan Keamanan Nasional AS – Pernahkan Anda mendengar mengenai NSA atau National Security Agency Amerika Serikat yang dalam Bahasa Indonesia berarti badan keamanan nasional AS? Pastinya sudah banyak yang tau atau malahan paham dengan organisasi punya pusat kriptologi di Texas yang satu ini. Terlebih dengan banyaknya peristiwa atau kejadian menghebohkan dunia yang melibatkan NSA ini. Seperti salah satunya adalah mengenai bocornya dokumen yang menuding mengenai liarnya penyadapan yang dilakukan oleh NSA ini baik dalam komunikasi warga AS, negara lain, pemimpin-pemimpin dunia dan lain sebagainya. Adapun dokumen ini adalah dokumen mantan kontraktor dari NSA itu sendiri yakni Edward Snowden. Nah, bagi Anda yang tau lebih dalam mengenai NSA ini silahkan simak beberapa hal penting mengenai organisasi yang bergerak dalam bidang keamanan dan inteligen ini.
Adapun beragam hal-hal penting yang harus Anda ketahui mengenai NSA yang merupakan badan keamanan nasional AS ini adalah sebagai beirkut:

1. Sejarah dan Informasi Umum
Badan Keamanan Nasional AS sudah berdiri sejak 4 November 1952 silam. Pendirinya sendiri adalah Presiden Harry S. Truman. Munculnya NSA ini diawali dengan pada 20 Mei 1949 munculnya Badan Keamanan Angkatan Bersenjata atau AFSA . Oleh karena adanya laporan tidak efektinya pemorsesan dan pengumpulan intelijen komunikasi AFSA oleh Walter Badell Smith merupakan Diretur CIA, akhirnya diadakan penyelidikan dan akhirnya direkomendasikanlah AFSA diganti dengan NSA dengan peranan yang lebih besar dibandingkan AFSA dulu. Pemimpin dari NSA adalah direktur militer Amerika Serikat. Pangkat dari pimpinan ini adalah Laksamana Madya atau Letnan Jendral. Saat ini yang menjadi pemimpin dari NSA ini adalah Jendral Keith B. Alexander dengan John C. Inglis sebagai wakilnya.

2. Kegiatan yang Dilakukan
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan NSA ada dua macamnya yakni pengamanan dan penyadapan. Untuk pengamanan yang dilakukan oleh NSA ini masuk dalam ranah pengamanan komunikasi militir AS, komunikasi diplomatic AS dan beragam komunikasi yang sifatnya sensitif, privat atau rahasia. Sementara itu penyadapan pun juga masuk dalam salah satu kegiatan yang dilakukan oleh NSA ini. Penyadapan dilakukan pada beragam komunikasi yang bisa disadap. Misalnya komunikasi telepon, internet, radio dan masih banyak lagi komunikasi lainnya yang memang bisa disadap.

3. Tugas
Tugas yang dilakukan NSA ini adalah melindungi privasi yang dipunyai oleh pemerintah AS. Dalam melakukan tugasnya ini, NSA akan berusaha untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi sensitive yang menyangkut keamanan negara. Ini seperti situs https://multibet88.online yang akan berusaha menjaga informasi membernya, agar tidak terjadi kebocoran yang menyangkut kenyaman dan keamanan para membernya. Selain itu, tugas dari NSA juga mengumpulkan beragam informasi intelijen lainnya untuk mendukung operasi militer, kontra itelijen dan masih banyak lagi.

4. Karyawan
Sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang bidang keamanan dan inteligen tingkat tinggi yang berhubungan dengan pemecahan sandi atau kode dan penelitingan tingkat tinggi untuk kriptografi, NSA memperkerjakan karyawan yang merupakan ahli computer dan ahli computer terbanyak di dunia. Seluruh karyawannya ini dilengkapi dengan supercomputer terbaik dengan teknologi yang mumpuni guna melancarkan beragam kegiatan yang dilakukan. Tak heran apabila setiap tahunnya tagihan untuk listrik yang dikenakan sangat besar.

5. Fasilitas-Fasilitas Besar NSA
Markas besar dari badan keamanan nasional AS ini berada di Fort George G. Meade, Maryland, Amerika Serikat. Selain mempunyai markas besar ini, NSA juga mempunyai pusat kriptologi yang amat besar di Texas. Selain itu tentu saja seperti yang sudah disebutkan dalam NSA ini punya jumlah supercomputer yang amat banyak guna mendukung kegiatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *