Fakta-Fakta Menarik Seputar NSA, Badan Keamanan Nasional AS di Texas

Fakta-Fakta Menarik Seputar NSA, Badan Keamanan Nasional AS di Texas

Fakta-Fakta Menarik Seputar NSA, Badan Keamanan Nasional AS di Texas – National Security Agency atau yang disingkat sebagai NSA alias bandan keamanan nasional merupakan sebuah agensi khusus kriptografi yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat yang terletak di Texas. Keberadaan dari adanya badan ini memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas di dunia sehingga wajar bila sudah banyak yang tidak asing dengan badan agensi tersebut. Apalagi setelah terjadinya kebocoran dokumen dari Edward Snowden yang dulunya adalah mantan kontraktor dalam NSA ini sehingga membuat nama organisasinya semakin dikenal lagi oleh masyarakat luas. NSA didirikan pada tanggal 4 November 1952 silam. Pendirinya adalah presiden Harry S. Truman yang secara resmi mendirikannya lewat National Security Coucil Intelligence (NSCID) di 24 Otober 2020. Nah, membahas mengenai badan keamanan nasional yang satu ini memang menjadi hal yang amat menarik untuk dilakukan apalagi membahas mengenai apa saja yang dilakukan organisasi tersebut. Untuk itulah simak beberapa fakta menarik seputar NSA dengan seksama jangan sampai ada yang terlewatkan.

Beragam fakta menarik mengenai NSA ini akan dijelaskan dalam bentuk point-point penting fakta sebagai pokok bahasannya. Berikut adalah penjelasan dari beragam fakta yang ada :

1. Tugasnya Menjaga Informasi Pemerintah AS dan Mendapatkan Informasi yang Dibutuhkan
Dibawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat NSA ini beroperasi dan menjalanken beragam tugas dan kegiatan yang dipunyai. Tugasnya sendiri adalah menjaga informasi penting milik pemerintah AS yang sifatnya sensitive dan privat. Dalam tugasnya yang satu ini, NSA mampu mencegah terjadinya kebocoran informasi oleh berbagai pihak luar terutama mengenai keamanan negara. Selain itu NSA juga punya tugas untuk mendapatkan lalu memberikan beragam informasi yang memang diperlukan bagi para pemimpin AS dalam mengambil suatu keputusan militer. Tak hanya itu saja, NSA juga mampu memberikan kepada koalisi, sekutu pemerintah sampai komunitas komunitas intelijen beragam informasi yang dibutuhkan.

2. Kegiatan yang Dillakukan adalah Penyadapan dan Pengamanan
Ada dua kegiatan utama yang dilakukan NSA dalam menjalankan tugasnya. Dua kegiatan ini adalah penyadapan serta pengamanan. Kegiatan penyadapan dilakukan NSA pada berabagai bentuk komunikasi yang memang bisa disadap seperti misalnya komunikasi internet, komunikasi radio, komunikasi telepon dan lain sebagainya. Sementara itu untuk kegiatan pengamanan NSA ini dilakukan pada komunikasi militer, komunikasi pemerintah AS yang sifatnya sensitive dan rahasia, komunikasi diplomatic dan lain sebagainya.

3. Satu-Satunya Organisasi yang Punya Banyak Pekerja Ahli Matematika dan Ahli Komputer
Menariknya, NSA ini menjadi satu-satunya organisasi yang paling banyak memperkerjakan para ahli matematik dan ahli computer. Para pekerjanya inipun juga dilengkapi dengan super computer paling canggih sehingga tidak heran apabila pertahun tagihan listrik di markas Texas organisasi ini amat banyak. Banyaknya pekerja ahli matematik dan ahli computer dengan super computer yang tersedia dalam NSA ini tentu saja tidak mengherankan karena menang NSA sendiri akan melakukan banyak kegiatan pemecahan kode-kode dan sandi rumit sampai pada penelitian yang termasuk amat rumit dan sulit dilakukan yakni adalah peneliitian kriptoanalisis.

Fakta-Fakta Menarik Seputar NSA, Badan Keamanan Nasional AS di Texas

4. Sempat Tidak Diakui oleh Pemerintah Amerika Serikat Selama Beberapa Tahun
Di mata public Amerika Serikat, NSA ini dianggap low profile. Bahkan pemerintah Amerika Serikat pun pernah selama beberapa tahun tidak mengakui keberadaan organisasi ini. Selama hal tersebut terjadi, NSA yang merupakan badan keamanan ini diplesetkan menjadi No Such Agency sampai Never Say Anything karena dianggap keberadaannya sebenarnya tidak ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *