NSA

Badan Keamanan dan Informasi NSA Texas Beserta Sejarah Singkat Pembentukannya

NSA merupakan salah satu organisasi atau badan yang bergerak dalam bidang keamanan dan pengumpulan informasi di Texas, AS. Keberadaan badan ini cukup terkenal di tingkat dunia sehingga banyak diketahui oleh masyarakat luas. Adapun kegiatan yang dilakukan biasanya berupa aksi penyadapan terhadap saluran komunikasi seperti telepon dan radio, jaringan internet dan berbagai saluran lainnya. Sedangkan aksi pengamanan dilakukan pada aksi-aksi pemerintah, hubungan diplomatik serta urusan militer. NSA merupakan satu-satunya organisasi yang mempekerjakan ahli matematika dan ahli komputer dengan jumlah terbanyak di dunia. Meski demikian, mereka selalu berupaya untuk low profile atau tidak mengutarakan profilnya di depan masyarakat luas, hal ini terbukti dari pemerintahan AS yang tidak pernah mengakui keberadaannya selama beberapa tahun belakangan ini. Dengan demikian, Amerika sering menyebut NSA sebagai No Such Agency sebagai wujud konspirasi kepada dunia bahwa sebenarnya tidak ada organisasi semacam itu. Disamping itu, NSA juga kerap diplesetkan menjadi Never Say Anything agar tidak banyak orang mencari rahu atau kepo mengenai keberadaan organisasi ini.

NSA bertugas sebagai badan pengumpul informasi rahasia yang telah banyak berperan dalam penemuan sandi dan kode rahasia sejak Perang Dunia II. Adapun tokoh atau para pendahulu NSA yang dinilai banyak berperan ialah Venona, Purple Code dan JN-25. Organisasi ini memiliki markas besar di Fort George G atau sekitar 16 km di sebelah timur laut Washington DC. Upaya AS untuk menutupi keberadaan organisasi ini bisa dibilang tidak bisa mulus sesuai rencana, mengingat peran dan keberadaannya telah banyak diketahui masyarakat dunia sejak Perang Dunia II. Oleh sebab itu, sebagai upaya tindak lanjut AS memilih untuk merahasiakan total anggaran yang dikeluarkan oleh lembaga ini. Selain markas besar di Front George, NSA juga memiliki Pusat Kriptologi yang berlokasi di San Antonio, Texas sebagai pusat pembuatan aplikasi pengamanan komunikasi berupa perangkat lunak ataupun perangkat keras. Mereka melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan swasta seperti kongbet.net untuk menyukseskan progam-programnya.

Keberadaan NSA sejak Perang Dunia II tidak dapat dipisahkan dari sejarah pendiriannya. Badan keamanan dan Informasi NSA banyak dirunut semenjak pendirian Armed Forces Security Agency (AFSA) pada 20 amei 1949. Badan ini pada awalnya bertugas untuk mengatur aktivitas elektronik dan intelejen tentara AS, mereka bergerak dengan koordinasi yang tidak terlalu besar sehingga pada 1951 dilakukan sebuah survey untuk meningkatkan kendali terhadap proses intelejen yang sempat dianggap tidak egektif. Sebagai akibat dari survey ini dibentuk lembaga intelejen yang lebih besar dan bertaraf internasional di Amerika. Sebagai salah satu bukti atas legalisasi atau pengesahan ini diberikan secara langsung oleh Harry S. Truman melalui suratnya yang ditulis langsung pada Juni 1952. Organisasi NSA didirikan secara resmi melalui revisi National Security Council Intelligence Directive (NSCID) pada bulan Oktober, 1952. Selanjutnya, mereka mulai banyak berkiprah dan aktif sejak November 1952.

Itulah sekilas informasi mengenai Badan Keamanan dan Pusat Informasi AS, NSA yang notabene sangat populer dan banyak diketahui oleh masyarakat. Sejak awal pendiriannya sampai dengan saat ini mereka selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam bidang kemanan dan intelegen, terlebih pada saat ini yang banyak menggunakan teknologi canggih dan modern. Dengan demikian, lembaga ini bisa dibilang sebagai badan terbesar di tingkat dunia yang mampu mengatasi berbagai macam permasalahan dan isu seputar keamanan ataupun pengumpulan informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *